Kementerian Sosial Bantu Mentawai Rp 6 Miliar

Kementerian Sosial RI menyerahkan bantuan senilai Rp 6.313.250.000 untuk korban tsunami Mentawai kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Sumatra Barat, Kamis (30/12).

Total bantuan tersebut diserahkan dalam bentuk uang dan selanjutnya pengelolaannya akan diserahkan sepenuhnya kepada Pemkab Mentawai. Bantuan uang tersebut dialokasikan untuk bantuan santunan meninggal dunia, bantuan jaminan hidup, dan isi hunian sementara. Total bantuan santunan meninggal dunia adalah Rp 1.828.000.000. Masing-masing keluarga yang berjumlah 457 jiwa akan menerima Rp 4 juta.

“Bantuan ini akan diserahkan pada ahli warisnya. Sedangkan mekanisme penyerahannya akan diatur oleh Bupati Mentawai,” kata Toto Utomo Budi Santoso, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI.

Alokasi lain untuk bantuan uang tersebut adalah bantuan jaminan hidup sebesar Rp 978.600.000. Sebanyak 6.524 jiwa korban tsunami Mentawai akan menerima tiap harinya Rp 5.000 selama 30 hari.

“Tiap kepala keluarga dibatasi 4 orang yang berhak menerima bantuan ini,” katanya. Terakhir, bantuan tersebut juga akan dialokasikan untuk isi hunian sementara seperti kelambu, kasur, bantal, 2 tikar, 2 ember, 1 gayung, yang semuanya bernilai Rp 2.150.000.

Pengungsi yang akan menerima bantuan tersebut berjumlah 1.631 kk, sehingga totalnya berjumlah Rp 3.506.650.000.

Toto mengatakan uang bantuan tersebut diambil dari dana APBN Direktorat Pengelolaan Bencana Alam dan dana Unit Kesejahteraan Masyarakat (UKS).

“UKS merupakan dana masyarakat yang dikelola oleh Kementerian Sosial dan dikembalikan kepada masyarakat seperti donasi penyelenggaraan undian,” ujarnya.

Selain bantuan uang, Kementerian Sosial juga menyerahkan bantuan beras kepada Pemkab Mentawai. Bantuan berjumlah 82.848 Kg tersebut diperuntukan untuk 6.524 jiwa. Masing-masing akan menerima 0,4 Kg selama 30 hari. Lanjut Toto, bantuan yang diberikan masuk kategori bantuan tanggap darurat.

“Kami harap bantuan ini segera diserahkan kepada yang berhak menerimanya,” tutur Toto.

Menanggapi hal demikian, Bupati Mentawai, Edison Saleuleubaja, di tempat yang sama mengatakan bantuan tersebut akan segera disalurkan. “Kita targetkan bulan Januari, penyaluran bantuan akan tuntas,” ucapnya.

Lanjut Edison, setiap huntara yang telah siap, bantuan akan segera diberikan. Namun, Edison mengaku cuaca akan menjadi kendala tersendiri dalam penyalurannya nanti.

“Cuaca yang buruk akan menjadi kendala utama dalam menyalurkan bantuan ke dusun-dusun yang jauh,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: