Sumbar Jadi Pilot Project

SUMATERA BARAT menjadi daerah pertama penerapan metode Human Recovery Needs Assessment atau Pengkajian Kebutuhan Pemulihan Manusia (HRNA/PKPM) untuk penanggulangan pasca bencana. HRNA/PKPM terlah dikembangkan oleh United Nations Development Programme (UNDP) semenjak tahun 1990-an.

Sebelum menerapkan metode ini, UNDP yang mendapat dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan lokakarya di Hotel Pangeran, Padang, selama 2 hari, 10-11 Juni 2010.

Lokakarya ini mengundang NGO lokal, akademisi, BPBD, Pemerintah Daerah (Pemda) serta stakeholder atau instansi terkait. “ Ini merupakan kegiatan pertama di Indonesia untuk penerapan metode HRNA/PKPM dan selanjutnya akan di laksanakan di beberapa provinsi yang mengalami bencana,” ujar Lu’lu Muhammad, National Project Manager UNDP di Hall Sati, Hotel Pangeran.

Ditergetkan tahun 2010 ini metodologi tersebut rampung dan bisa dijadikan acuan untuk penanggulangan bencana selanjutnya oleh BNPB maupun BPBD.

Pada prinsipnya, HRNA/PKPM merupakan  suatu metodologi pengkajian kebutuhan pemulihan pasca bencana.  Komponen tersebut meliputi pengkajian dampak bencana terhadap populasi, prioritas pemulihan menurut masyarakat, kapasitas apa yang masih ada, jenis dukungan yang mereka perlukan dalam jangka pendek dan jangka penjang.

“ Karena selama ini penanganan bencana hanya fokus pada fisik atau Penilaian Kerusakan dan Kerugian / Damage and Losses Assessment (PKK/DaLA), maka program ini akan di formulasikan untuk metodologi pemulihan kebutuhan non fisik pasca bencana,” lanjut Lu’lu.

Lanjut Lu’lu, program HRNA/PKPM juga sebagai peningkatan kajian terhadap survei, potret lokasi bencana, dan pemahaman untuk pihak yang terlibat dalam pemulihan bencana.

UNDP dan BNPB akan mengkonversi hasil HRNA/PKPM tersebut dalam bentuk satuan biaya.  Selain itu, sebagian hasil HRNA/PKPM dipresentasikan dalam Rencana Aksi  untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah Pasca Gempa Sumatera Barat 2009-2011. (yose/o)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: