Simpang Siur Data Korban Gempa

Masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai mengancam tidak akan berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sumatera Barat, Juni ini karena dana rekonstruksi gempa 2007 lalu belum juga dicairkan.

Protes dan aksi demo kini sering dilakukan masyarakat ke kantor DPRD dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Ketua BPD Desa Goiso Oinan, Kecamatan Sioban, Plimar Sakerebau yang melakukan aksi demo ke kantor DPRD Mentawai pertengahan Juni lalu mengatakan, pendataan korban gempa yang akan mendapat bantuan pemerintah tidak akurat sehingga masih banyak warga yang tidak masuk. Mereka menuding, ada pihak-pihak yang mencoba mempermainkan dan memanipulasi data.

Anggota DPRD Mentawai Jimer Munthe mengakui, protes soal data korban ini terjadi hampir di seluruh Mentawai. “Ini memang ada persoalan, seperti di Beriulou dan Masokut, ada warga yang meninggal sebelum gempa tapi tercatat sebagai penerima, ada juga yang tidak punya rumah tetapi tercatat sebagai penerima bantuan,” kata Jimer.

Karena itu DPRD Mentawai berjanji akan melakukan verifikasi ulang data tersebut dan berjanji akan memasukkan korban yang tidak terdata. (rus akbar/o)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: