Sekretaris BPBD Agam, Hilman: Tidak Ada Program Pengembangan Ekonomi

Meskipun gempa dan longsor yang melanda kawasan zona merah bencana di Kecamatan Tanjung Sani, Kabupaten Agam, menyebabkan korban bencana kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kehilangan pencarian, namun Pemerintah Kabupaten Agam tidak memiliki program bantuan pemberdayaan ekonomi.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Hilman mengatakan, penanganan korban bencana hanya sebatas menyiapkan hunian sementara bagi korban.

“Terkait bantuan untuk pengembangan ekonomi warga korban bencana belum masuk dalam program lanjutan tahap dua.” Menurutnya, tidak ada program lanjutan untuk memulai sejumlah pelatihan untuk meningkatkan ekonomi warga korban bencana.

Ia mengatakan, pemerintah hanya sebatas menyiapkan hunian sementara yang anggarannya mencapai sekitar Rp 500 juta. Dana tersebut diperuntukkan untuk membangun 118 shelter bagi korban bencana. Terkait pemenuhan kebutuhan hidup bagi korban, ia mengaku, pemerintah tidak menyiapkan anggaran untuk itu.

Dalam waktu dekat, pemerintah sedang menyiapkan program transmigrasi lokal bagi warga korban bencana gempa dan longsor di Agam. “Masyarakat sudah setuju, dan kita masih menunggu realisasi transmigrasi ini dari pusat.”

Sejauh ini, program transmigrasi tersebut belum ada kejelasannya. Dalam bayangan warga, mereka akan diberikan  lahan seluas dua hektare dan rumah sederhana serta bantuan keuangan untuk satu tahun pertama.

“Kita tidak bisa memastikan, seperti apa program transmigrasi lokal itu sendiri.” Untuk satu setengah tahun ke depan, warga korban bencana bisa bernafas sementara dengan mendiami shelter di Jorong Kubu. (yose hendra/erinaldi/ocha)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: