Zukri Saad: Rumah Terapung Bagi Korban Bencana

Alumni Institut Tekhnologi Bandung (ITB) Zukri Saad memiliki solusi unik menyelamatkan korban gempa di zona merah. Karena tidak ingin menjauhkan masyarakat dengan ulayat, Zukri mendesain rumah terapung bagi korban bencana Maninjau.

“Danau Maninjau bisa dimanfaatkan untuk membangun rumah terapung bagi korban bencana di zona merah.” Hanya saja, konsep tersebut tidak mudah untuk diterima masyarakat setempat.

Untuk  membangun 798 unit rumah terapung di atas Danau Maninjau ditaksir memakan biaya sebesar Rp 50 Miliar. Rumah-rumah tersebut diperuntukkan bagi warga korban bencana yang saat ini masih  mengisi tenda-tenda darurat dan shelter pengungsian di Jorong Kubu.

Pembangunan rumah terapung ini akan menghabiskan sekitar 22 hektare kawasan Danau Maninjau. Rumah terapung ini akan dilengkapi fasilitas umum dan fasilitas sosial. “Ini ide baru dan satu-satunya ada di dunia.”

Hunian cantik ini dilengkapi fasilitas kesehatan, sekolah, pasar terapung, dan tempat ibadah yang terintegarsi dalam satu kawasan hunian terapung. Hunian terapung ini juga dilengkapi dengan taman bermain anak-anak. Bahkan lokasi ini direncanakan dilengkapi dengan hotel terapung yang bisa dimanfaatkan para wisatawan.

Diperkirakan, pembangunan satu unit rumah terapung berukuran sekitar 6 x 8 meter ini menghabiskan biaya Rp 36 juta hingga Rp 40 juta. Sejauh ini, Ikatan Alumni ITB telah bersedia menyanggupi anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk merealisasikan hunian terapung. Sejauh ini program hunian terapung tersebut telah disampaikan ke pemerintah daerah.

Relokasi ini tentunya tidak bebas dari persoalan karena masyarakat akan memulai hidup baru di rumah terapung yang sebelumnya tidak pernah terjadi. (erinaldi/yose hendra/ocha)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: