Bantuan Walhi, Kecil yang Bermanfaat Besar

Tak perlu besar, namun bisa membantu masyarakat yang tengah terhimpit musibah gempa. Dengan memberikan Rp2,5 juta bagi 11.420 korban gempa di Sumatera Barat, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dan Chatolic Relief Service membantu para korban bertahan hidup dengan membuat hunian sementara.

Cash grand  ini diberikan kepada 11.420 KK korban di Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Padang Pariaman ( Kecamatan Nan Sabaris dan IV Koto Aur Malintang), dan Kota Pariaman (Pariaman Utara).

“Kami menargetkan akhir Mei 2010 pembangunan hunian sementara ini selesai, maka untuk kelancaran dilapangan, kami menempatkan tenaga fasilitator Walhi dan CRS di tiap jorong serta tenaga teknis dari Walhi dan CRS,” kata Direktur Eksekutif Walhi Sumbar Khalid Syaifullah kepada Sandereh (14/05/2010).

Sistem cash grand adalah bantuan dalam bentuk uang tunai kepada korban dengan tujuan uang tersebut dimanfaatkan untuk pembelian bahan material sebagai kebutuhan dalam menbangun hunian yang bersifat sementara maupun  semi permanen.

“Pencairan dana dilakukan melalui 2 tahap yakni Rp 2 juta untuk tahap I dan 500 ribu untuk tahap II dengan catatan pembangunan berjalan 80 persen dari total KK yang mendapat bantuan, dengan dana Rp 2,5 juta diharapkan masyarakat penerima dapat memaksimalkan untuk membangun rumah yang layak,” kata Khalid.

Kebanyakan masyarakat penerima bantuan cash grand dari Walhi Sumbar dan CRS menggunakan uang tersebut membangun rumah tipe 4 x 4 meter dan 4 x 6 meter dan semi permanen.

“Dalam pengerjaan di lapangan, Walhi menugaskan tim pendamping dengan tugas melalukan sosialisasi dan informasi kepada pemerintah kabupaten, sosialisasi ke camat, sosialisasi tingkat jorong dan membentuk komite bersama jorong serta melakukan masukan dan verifikasi,” terang Khalid.

Walhi dan CRS juga mendistribusikan terpal, selimut, dan tikar plastik untuk 10.000 KK di wilayah Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Agam. “ Pendistribusian ini berlangsung antara bulan Oktober 2009 hingga November 2009 di Kecamatan Kinali dan Kecamatan Luhak Nan Duo (Pasaman Barat) dan Kecamatan Tanjung Raya, Lubuk Basung, Palembayan, Malalak, IV Nagari (Agam),” kata Khalid yang juga koordinator Lumbung Derma, koalisi NGO untuk pemulihan gempa Sumbar.

Selain bersama CRS, Walhi Sumbar juga bekerja sama dengan Bank Sumatera Selatan dan Walhi Sumatera Selatan membantu korban gempa dalam bentuk Live Lihood (Pemenuhan kebutuhan hidup). “ Bantuan ini bertujuan untuk pemulihan ekonomi masyarakat pasca gempa,” ujar Khalid.

Bantuan yang diberikan berupa alat pertanian ( Hand Tractor 5 unit, pembersih gabah 5 unit, perontok gabah 5 unit, pemotong rumput 5 unit), pupuk 5 ton, dan alat penyemprot hama sebanyak 5 unit. Daerah penerima bantuan ini adalah Korong Bungo Tanjung, Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

“ Karena bantuan terbatas, maka bantuan tersebut diserahkan pada kelompok tani agar semua anggota bisa memanfaatkan dalam pengerjaan lahan pertanian,” jelas Khalid.

Sedangkan untuk home industry, Walhi Sumbar dan Walhi Sumsel membantu kelompok bordir. “ 15 unit mesin bordir, 10 mesin jahit, alat jahit, dan kain sebanyak 1 bal,” kata Khalid.

Khalid menambahkan, Walhi Sumbar mendorong masyarakat tersebut membentuk kelompok bordir agar dapat memaksimalkan bantuan yang jumlahnya terbatas tersebut. “Untuk melakukan pendampingan dan pengontrol di lapangan, kami bekerjasama dengan LSM Limbubu (LSM lokal) karena keterbatasan relawan Walhi Sumbar,” jelas Khalid.

Sebelumnya, LSM lingkungan ini juga telah mendistribusikan tempat hunian sementara kepada korban gempa pada Oktober 2009 hingga Januari 2010. Kegiatan yang dilakukan bersama Oxfam ini memberikan bantuan material bangunan seperti seng, paku dan palu. “Bantuan ini diberikan kepada 2.500 KK di Korong V Koto Kampung Dalam dan Korong V Koto Timur, Kabupaten Padangpariaman,” jelas Khalid.

Bersama Oxfam ini, Walhi juga mendistribusikan terpal dan paket higien kid di korong tersebut. (yose/oca)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: